1. Pengaruh pandangan utilitarian dalam bidang ekonomi adalah :
    1. Perilaku ekonomi dapat dijelaskan dengan mengasumsikan bahwa manusia selalu memaksimalkan utilitas mereka dan utilitas dari berbagai komoditas dapat diukur dengan harga yang bersedia dibayar oleh orang-orang tersebut.
    2. Sebuah sistem pasar yang sepenuhnya kompetitif akan mengarah kepada  penggunaan sumberdaya dan variasi harga yang memungkinkan konsumen memaksimalkan utilitas mereka melalui pembelian mereka.
    3. Dasar perhitungan teknik biaya-keuntungan ekonomi (cost-benefit analysis), untuk menentukan tingkat kelayakan investasi dalam suatu proyek (pembangunan bendungan, jalan, taman, dll) dengan mencari tahu apakah keuntungan ekonomi untuk saat ini dan masa mendatang lebih besar dari biaya ekonomi saat ini dan masa mendatang.
    4. Efisiensi, suatu cara yang mampu memberikan hasil paling banyak dengan sumberdaya yang ada.

Masalah-masalah pengukuran dalam utilitarianisme

  1. Bagaimana nilai utilitas dari berbagai tindakan yang berbeda pada orang-orang yang berbeda dapat diukur dan diperbandingkan
  2. Sejumlah biaya & keuntungan tertentu tampak sangat sulit untuk dinilai. Bagaimana, misalnya, kita bisa menilai kesehatan atau nyawa seseorang.
  3. Banyak keuntungan & biaya dari suatu tindakan tidak dapat diprediksi dengan baik, maka penilaiannya juga tidak dapat dilakukan dengan baik.
  4. Sampai saat ini masih belum jelas apa yang bisa dihitung sebagai keuntungan & biaya